Tentang Flu/Pilek

http://www.emocutez.comkalo sedang flu/pilek rasanya pasti sangat mengganggu...mengganggu aktivitas dan merasa tidak nyaman. Pilek adalah gejala yang timbul karena influensa atau yang juga biasa dikenal dengan flu. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili orthomyxoviridae. pilek bukan hanya menyerang manusia tetapi juga dapat menyerang binatang. Gejala yang sering timbul saat kita menderita flu antara lain: demam, pusing, kelelahan (bahkan bisa sangat parah), batuk kering, kerongkongan gatal, hidung mampet, meler dan bersin-bersin, serta badan terasa sakit. Pada musim hujan biasanya penyakit flu mudah sekali menular, bahkan bila anda hanya berjabat tangan dengan seorang yang sedang terkena flu. 

Untuk mencegah penularan lebih banyak kita dapat mencuci tangan atau menggunakan larutan sterilisasi. Penularan flu tidak hanya terjadi karena kita melakukan kontak fisik dengan penderita flu, tetapi flu juga dapat menular karena kita menyentuh benda yang sebelumnya telah disentuh seseorang yang sedang flu.

Ingat, virus flu tidak berumur pendek. Virus flu dapat mempertahankan kekuatannya untuk menyebarkan penyakit hingga tiga jam setelah menempel dan mengering. Dan, jangan menggosok hidung dan mata tanpa tisu atau alat pembersih, karena ini adalah sumber lendir yang sarat dengan virus flu. Demikian seperti dikutip dari Thirdage.

Sebaiknya, Anda tidak berdekatan dengan orang yang sedang flu. Tim peneliti menganalisis pasangan menikah di mana salah satu pasangan (suami/istri) menderita flu. Hasilnya, sebanyak 38 persen pasangan yang sehat tertular flu dari pasangannya.
Jadi, kalau anggota keluarga Anda terserang flu dan Anda ingin menghindari penularannya, simak tipnya:
1. Minta mereka menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.
2. Minta mereka untuk mencuci tangan sesering mungkin dan dengan cara yang benar.
3. Jangan pernah menyentuh mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan Anda.
4. Anda juga harus menghindari barang-barang pribadi yang dipakai bersama, seperti peralatan mandi, handuk, dan bantal.



Sumber (lifestyle.okezone.com)


===================================================
TELFAST PLUS TABLET


KOMPOSISI
Feksofenadin HCl 60 mg, Pseudoefedrin HCl 120 mg.

INDIKASI
Meredakan gejala-gejala yang berkaitan dengan rinitis elergika musiman dan selesma/pilek.
Efektif untuk hidung tersumbat, bersin-bersin, rinore/ingusan, gatal-gatal, rasa gatal pada hidung, palate/langitan (sekat antara rongga hidung dan rogga mulut), atau tenggorokan, mata gatal/berair/merah.

KONTRA INDIKASI
Glaukoma sudut sempit atau retensi urin, pasien yang sedang menjalani terapi penghambat mono amin oksidase (MAO) atau dalam waktu 2 minggu penghentian terapi, penyakit arteri koroner atau hipertensi berat.

PERHATIAN

  • Hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung iskemik, peningaktan tekanan dalam mata, hipertiroidisme, kerusakan ginjal, hipertrofi prostat.
  • Hamil, menyusui.
  • Lanjut usia.
    Interaksi obat : penghambat MAO, antihipertensi, simpatomimetik amin lainnya, Metildopa, Mekanilamin, Reserpin, β-bloker, Digitalis, antasida.

  • EFEK SAMPING
    Sakit kepala, insomnia (susah tidur), mual, mulut kering, dispepsia, iritasi tenggorokan, pusing, agitasi (kegelisahan), nyeri punggung, palpitasi (jantung berdebar), kegugupan, kecemasan, infeksi pernafasan bagian atas, nyeri perut.

    KEMASAN
    Tablet lepas lambat 10 x 10.

    DOSIS
    Dewasa dan anak berusia 12 tahun atau lebih : 2 kali sehari 1 tablet.

    PENYAJIAN
    Dikonsumsi pada perut kosong (1 atau 2 jam sebelum/sesudah makan)

    PABRIK
    Sanofi Aventis.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Categories


    up